Saat ini perkembangan industri
biro perjalanan wisata di indonesia sangat meningkat pesat dikarenakan jumlah
konsumen/ wisatawan yang sering bepergian dengan berbagai tujuan dan alasan.
Sehingga wisatawan akan mencari jasa yang bergerak dibidang perjalanan, oleh
sebab itu muncul lah travel-travel agent baru diberbagai wilayah untuk memenuhi
kebutuhan wisatawan. Tak hanya menyediakan jasa reservasi ticket penerbangan, sekarang
biro perjalanan wisata nampaknya lebih fokus untuk penjualan paket tour dengan
destinasi-destinasi yang menarik. Oleh sebab itu persaingan di industri travel
agent sekarang ini makin kompetitif. Hal ini sangat berbanding terbalik jika
kita melihat sekitar tiga belas tahun yang lalu dimana industri biro perjalanan
wisata masih sangat sedikit dan jarang dijumpai karena teknologi informasi yang
belum berkembang seperti sekarang ini. contoh nya bisa kita lihat pada ticket
penerbangan yang mana dulu ticket tersebut dibuat atau diterbitkan (issued)
secara manual dengan cara ditulis di from kertas ticket penerbangan berbeda
dengan sekarang bahwa ticket penerbangan dapat dilakukan secara online tanpa
harus menulis nulis di kertas tersebut.
ticket pesawat manual
ticket pesawat online
Industri biro perjalanan wisata terus
saja meningkat secara otomatis pasti
akan ada persaingan yang ketat untuk tetap bertahan di dunia industri,
mengingat sekarang semuanya serba online sehingga tamu/ wisatawan tidak perlu
lagi repot report ke biro perjalanan wisata dan pasti akan langsung membeli
ticket pesawat, paket tour, informasi wisata melalui internet dengan mudahnya.
Seperti memesan ticket penerbangan di traveloka dan website resmi airline yang
diinginkan dan memesan kamar hotel melalui aladin.com atau website resmi dari
hotel tempat mereka menginap. Jadi semuanya serba mudah, cepat, simple dan
efesien. Sehingga orang-orang tidak perlu repot repot lagi menggunakan jasa
biro perjalanan wisata. Menurut saya hal tersebutlah yang menjadi tantangan
besar bagi biro perjalanan wisata karena dampak kemajuan teknologi informasi.
Menurut saya tantangan tersebut
bisa saja dimanfaatkan menjadi peluang yang sangat besar dengan cara seperti
ini :
1. Memanfaatkan
internet untuk membuat aplikasi tentang perusahaan kita dimana pengunjung bisa
melihat profile perusahaan dan membeli produk jasa hanya dengan mengklik
mengunakan tangan. Seperti memesan ticket pesawat dan voucher hotel dengan
mudahnya melalui website atau aplikasi yang kita buat diinternet. Kita
menyediakan reseravsi ticket pesawat dan reservasi kamar hotel, dan juga
menyediakan paket wisata dalam satu sistem aplikasi online. Jadi lebih unggul
dari traveloka yang hanya mengandalkan ticket penerbangan dan hotel. Dan juga
lebih unggul dari mr.aladin.com & agoda.com yang cuma mengandalkan hotel.
2. Mempromosikan
biro perjalanan wisata yang kita punya melalui media masa seperti televisisi,
radio, media cetak, papan iklan, dll. membuat profile video untuk di upload ke
youtube. Walaupun membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mempromosikan dan
pengiklanan namun ini pasti tidak akan sia-sia nantinya. Anggap saja ini bentuk
investasi agar membuat biro perjalanan wisata kita menjadi dikenal dan dicari.
3. Menciptakan
ide ide baru yang akan membuat pelanggan merasa diuntungkan. Hal ini bertujuan
untuk menarik kembali minat pelanggan agar menggunakan jasa biro perjalanan
wisata. Seperti memberikan doorprize atau merchandise kepada pelanggan setia,
menciptakan brand atau mark yang mudah diingat orang-orang
4. Lokasi.
Mungkin ini biasanya menjadi hal yang sepele, namun perlu diketahui bahwa
lokasi menentukan berkembang atau tidaknya suatu perusahaan. Sehingga perlu
pengamatan yang matang lagi. Menurut saya ini adalah peluang yang sangat
potensial untuk membuka cabang travel agent di kawasan komersil seperti mall,
pusat perkantoran dan dibandara. Dimana orang orang akan menjumpai dengan
sangat mudah.
5. Bekerja
sama dengan perusahaan perusahaan ternama jika ada event-event yang
diselenggarakan sehingga akan membawa nama perusahaan kita akan dikenal lagi.
Sehingga ini menjadi potensi yang sangat besar menarik pelanggan melalui
perusahaan ternama.
6. Membuat
semacam sistem aplikasi data pribadi si pelanggan yang bertujuan untuk kemudahan
transakti pelayanan jasa biro perjalanan wisata
Contoh: biro perjalanan wisata A membuat
aplikasi online yang mana didalam aplikasi online tersebut ada konten yang
bernama “reservation by voice” dimana pelanggan tinggal menelfon biro
perjalanan wisata dengan gratis menggunakan internet (kuota,wifi) untuk
memesankan ticket atau voucher hotel tanpa menyebutkan data pribadi si
pelanggan untuk kepentingan reservasi. ketika si pelanggan masuk ke aplikasi
maka secara otomatis data si pelanggan akan muncul di monitor costumer service
di biro perjalanan wisata A. Sehingga staff akan memproses permintaan reservasi
tanpa meminta data pribadi si pelanggan. Dan menyapa pelanggan dengan namanya
tanpa pemberitahuan sebelumnya dari pelanggan. Sehingga lebih nyaman dan
hospitality. Kok bisa yaa? Hmm jadi begini. Ketika tamu datang untuk membeli
produk jasa biro perjalanan wisata si A si tamu akan diberikan penjelasan
mengenai kemudahan bertransakti di biro perjalanan tersebut dengan menggunakan
aplikasi online tersebut, dan jikalau si tamu tertarik untuk menggunakan jasa
biro perjalanan wisata ini untuk selanjutnya maka staff akan meminta data
pribadi tamu tersebut untuk di input ke dalam aplikasi untuk memberikan
kemudahan bertransaksi di aplikasi online tersebut. Terus bagaimana dengan
hasil reservasi dan pembayarannya? Nahh setelah reservasi di proses pelanggan
bisa membayar dengan kartu credit dengan cara mengetik pin kartu kredit di
aplikasi setelah selesai menelfon costumer service dan tinggal menunggu
beberapa menit. Jika ticket/voucher sudah di proses oleh staff (costumer
service) maka ticket penerbangan atau voucher hotel akan keluar di aplikasi
tersebut seperti SMS yang masuk ke nomor telfon kita. Pelanggan juga bisa
mentransfer melalui ATM.
Mungkin aplikasi seperti ini harus
dibuat oleh biro perjalanan untuk mengubah tantangan tantangan yang dihadapi
menjadi sebuah peluang yang besar untuk meraih pelanggan yang banyak dan tidak
menjadi ketinggalan kemajuan teknologi informasi sehingga bisa bertahan didunia
industri biro perjalanan wisata.
Mungkin
hal simple itu saja yang dapat saya sharing ke kalian, walaupun masih banyak
kekurangan dalam segala hal, semoga dapat bermanfaat. Ohh yaaa terima kasih
banyak atas waktunya untuk membaca postingan ini. Have a nice day guyss!
hmm.. blogger.. :D
BalasHapusthanks for your information btw.. :D