Sabtu, 22 Oktober 2016

Perkembangan dan Tantangan Industri Biro perjalanan wisata

Halloo semua apa kabar? Semoga kalian yang membaca blog ini selalu diberi rezeki yang lancar dan kesehatan oleh Tuhan yang maha esa. Perkenalkan  nama saya Agung Pamungkas, saat ini kegiatan sehari hari saya adalah kuliah sebagai mahasiswa baru angkatan 2016 di sekolah tinggi pariwisata Trisakti dengan prodi D-4 UPW (usaha perjalanan wisata) yang berlokasi di daerah Bintaro, Jakarta selatan. Saya lulusan tahun 2016 dari SMKN 2 Padang dengan jurusan UPW (usaha perjalanan wisata). Ini pertama kalinya saya menulis di blog, jadi mohon maaf dan dimaklumi jika terdapat susunan kata-kata yang kurang benar dan menarik. Berhubung saya kuliah dengan jurusan UPW (usaha perjalanan wisata) saya mempelajari juga mengenai hal-hal yang berkaitan dengan industri biro perjalanan wisata atau yang sering kita dengar yaitu dengan sebutan travel agent. Disini saya akan sharing ke kalian bagaimana perkembangan industri biro perjalanan wisata dari dulu hingga sekarang serta tantangan yaang akan dihadapi industri biro perjalanan wisata dimasa yang akan datang sesuai kemampuan dan analisa dari saya sendiri

Image result for travel agentMungkin bagi beberapa orang ada yang belum tau apa itu biro perjalanan wisata?. Baiklah saya akan menjelaskan nya sedikit terlebih dahulu.  Biro perjalanan adalah kegiatan usaha komersil yang mengatur dan menyediakan pelayanan bagi seseorang, sekelompok orang untuk melakukan perjalanan dengan tujuan utama berwisata. Biro perjalanan wisata memberikan penerangan /informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perjalanan pada umumnya dan perjalanan wisata khususnya. Biro perjalanan wisata mempunyai tugas untuk Melengkapi bermacam macam informasi bagi calon wisatawan, seperti pengurusan dokumen perjalanan, pakaian & perlengkapan yang harus dibawa serta memilih perusahaan akomodasi (hotel) yang terbaik seperti lokasi, kamar yang tersedia, kategori, room rate, makanan dan minuman. Biro perjalanan wisata juga menyediakan jasa reservasi ticket penerbangan , bus, kapal, mobil rental, dll.
Saat ini perkembangan industri biro perjalanan wisata di indonesia sangat meningkat pesat dikarenakan jumlah konsumen/ wisatawan yang sering bepergian dengan berbagai tujuan dan alasan. Sehingga wisatawan akan mencari jasa yang bergerak dibidang perjalanan, oleh sebab itu muncul lah travel-travel agent baru diberbagai wilayah untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Tak hanya menyediakan jasa reservasi ticket penerbangan, sekarang biro perjalanan wisata nampaknya lebih fokus untuk penjualan paket tour dengan destinasi-destinasi yang menarik. Oleh sebab itu persaingan di industri travel agent sekarang ini makin kompetitif. Hal ini sangat berbanding terbalik jika kita melihat sekitar tiga belas tahun yang lalu dimana industri biro perjalanan wisata masih sangat sedikit dan jarang dijumpai karena teknologi informasi yang belum berkembang seperti sekarang ini. contoh nya bisa kita lihat pada ticket penerbangan yang mana dulu ticket tersebut dibuat atau diterbitkan (issued) secara manual dengan cara ditulis di from kertas ticket penerbangan berbeda dengan sekarang bahwa ticket penerbangan dapat dilakukan secara online tanpa harus menulis nulis di kertas tersebut. 

Image result for tiket pesawat dulu 
          ticket pesawat manual

Image result for contoh tiket pesawat online 
           ticket pesawat online

Industri biro perjalanan wisata terus saja meningkat secara otomatis  pasti akan ada persaingan yang ketat untuk tetap bertahan di dunia industri, mengingat sekarang semuanya serba online sehingga tamu/ wisatawan tidak perlu lagi repot report ke biro perjalanan wisata dan pasti akan langsung membeli ticket pesawat, paket tour, informasi wisata melalui internet dengan mudahnya. Seperti memesan ticket penerbangan di traveloka dan website resmi airline yang diinginkan dan memesan kamar hotel melalui aladin.com atau website resmi dari hotel tempat mereka menginap. Jadi semuanya serba mudah, cepat, simple dan efesien. Sehingga orang-orang tidak perlu repot repot lagi menggunakan jasa biro perjalanan wisata. Menurut saya hal tersebutlah yang menjadi tantangan besar bagi biro perjalanan wisata karena dampak kemajuan teknologi informasi.

Menurut saya tantangan tersebut bisa saja dimanfaatkan menjadi peluang yang sangat besar dengan cara seperti ini :

1.      Memanfaatkan internet untuk membuat aplikasi tentang perusahaan kita dimana pengunjung bisa melihat profile perusahaan dan membeli produk jasa hanya dengan mengklik mengunakan tangan. Seperti memesan ticket pesawat dan voucher hotel dengan mudahnya melalui website atau aplikasi yang kita buat diinternet. Kita menyediakan reseravsi ticket pesawat dan reservasi kamar hotel, dan juga menyediakan paket wisata dalam satu sistem aplikasi online. Jadi lebih unggul dari traveloka yang hanya mengandalkan ticket penerbangan dan hotel. Dan juga lebih unggul dari mr.aladin.com & agoda.com yang cuma mengandalkan hotel.

2.      Mempromosikan biro perjalanan wisata yang kita punya melalui media masa seperti televisisi, radio, media cetak, papan iklan, dll. membuat profile video untuk di upload ke youtube. Walaupun membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mempromosikan dan pengiklanan namun ini pasti tidak akan sia-sia nantinya. Anggap saja ini bentuk investasi agar membuat biro perjalanan wisata kita menjadi dikenal dan dicari.


3.      Menciptakan ide ide baru yang akan membuat pelanggan merasa diuntungkan. Hal ini bertujuan untuk menarik kembali minat pelanggan agar menggunakan jasa biro perjalanan wisata. Seperti memberikan doorprize atau merchandise kepada pelanggan setia, menciptakan brand atau mark yang mudah diingat orang-orang

4.      Lokasi. Mungkin ini biasanya menjadi hal yang sepele, namun perlu diketahui bahwa lokasi menentukan berkembang atau tidaknya suatu perusahaan. Sehingga perlu pengamatan yang matang lagi. Menurut saya ini adalah peluang yang sangat potensial untuk membuka cabang travel agent di kawasan komersil seperti mall, pusat perkantoran dan dibandara. Dimana orang orang akan menjumpai dengan sangat mudah.

5.      Bekerja sama dengan perusahaan perusahaan ternama jika ada event-event yang diselenggarakan sehingga akan membawa nama perusahaan kita akan dikenal lagi. Sehingga ini menjadi potensi yang sangat besar menarik pelanggan melalui perusahaan ternama.

6.      Membuat semacam sistem aplikasi data pribadi si pelanggan yang bertujuan untuk kemudahan transakti pelayanan jasa biro perjalanan wisata
Contoh: biro perjalanan wisata A membuat aplikasi online yang mana didalam aplikasi online tersebut ada konten yang bernama “reservation by voice” dimana pelanggan tinggal menelfon biro perjalanan wisata dengan gratis menggunakan internet (kuota,wifi) untuk memesankan ticket atau voucher hotel tanpa menyebutkan data pribadi si pelanggan untuk kepentingan reservasi. ketika si pelanggan masuk ke aplikasi maka secara otomatis data si pelanggan akan muncul di monitor costumer service di biro perjalanan wisata A. Sehingga staff akan memproses permintaan reservasi tanpa meminta data pribadi si pelanggan. Dan menyapa pelanggan dengan namanya tanpa pemberitahuan sebelumnya dari pelanggan. Sehingga lebih nyaman dan hospitality. Kok bisa yaa? Hmm jadi begini. Ketika tamu datang untuk membeli produk jasa biro perjalanan wisata si A si tamu akan diberikan penjelasan mengenai kemudahan bertransakti di biro perjalanan tersebut dengan menggunakan aplikasi online tersebut, dan jikalau si tamu tertarik untuk menggunakan jasa biro perjalanan wisata ini untuk selanjutnya maka staff akan meminta data pribadi tamu tersebut untuk di input ke dalam aplikasi untuk memberikan kemudahan bertransaksi di aplikasi online tersebut. Terus bagaimana dengan hasil reservasi dan pembayarannya? Nahh setelah reservasi di proses pelanggan bisa membayar dengan kartu credit dengan cara mengetik pin kartu kredit di aplikasi setelah selesai menelfon costumer service dan tinggal menunggu beberapa menit. Jika ticket/voucher sudah di proses oleh staff (costumer service) maka ticket penerbangan atau voucher hotel akan keluar di aplikasi tersebut seperti SMS yang masuk ke nomor telfon kita. Pelanggan juga bisa mentransfer melalui ATM.
Mungkin aplikasi seperti ini harus dibuat oleh biro perjalanan untuk mengubah tantangan tantangan yang dihadapi menjadi sebuah peluang yang besar untuk meraih pelanggan yang banyak dan tidak menjadi ketinggalan kemajuan teknologi informasi sehingga bisa bertahan didunia industri biro perjalanan wisata.

      Mungkin hal simple itu saja yang dapat saya sharing ke kalian, walaupun masih banyak kekurangan dalam segala hal, semoga dapat bermanfaat. Ohh yaaa terima kasih banyak atas waktunya untuk membaca postingan ini. Have a nice day guyss!



1 komentar: